Jumat, 28 Oktober 2011

Penyebaran Informasi Melalui Jejaring Sosial

Jejaring Media Sosial 

2010-05-04 Media sosial seperti blog and Twitter cepat sekali tumbuh sebagai salah satu sumber potensial dalam bidang pemasaran dan hubungan masyarakat. Dalam menandai perkembangan Humas, media publikasi on dan offline, telah melakukan survei terhadap 200 Humas eksekutif di Korea mengenai perubahan tren Humas dalam perkembangan lingkungan media dan menemukan sebanyak 31% responden sudah memiliki speasialis media yang bertanggung jawab dalam urusan media sosial.



Media Sosial


Media sosial merupakan salah satu tipe media yang mengirimkan pengetahuan kolektif, seperti opini, pengalaman, dan perspektif massa. Dalam media tradisional informasi konsumen dan produsen terpisah satu sama lain. Informasi yang dihasilkan oleh stasiun penyiaran, surat kabar, dan perusahaan majalah hanya mengalir satu arah kepada pembaca dan pemirsa dalam bentuk program TV, Radio, atau artikel surat kabar dan majalah. Hanya penghasil informasi tersebut yang dapat memilih dan menyaring pengiriman informasi. Sementara itu, dalam media sosial tidak ada pemisahan seperti itu. Informasi atau pengetahuan yang dimiliki oleh setiap individu dibagi dan disebarkan seluas mungkin ke jaringan. Istilah “pengetahuan kolektif” diciptakan untuk mengindikasikan kerja proses penyebaran informasi ini sebagaimana hasil kerja seseorang. Dengan sifat ini, media sosial dapat tumbuh seperti organisme hidup. Dengan kata lain, mekanisme umum dari produksi dan konsumsi tidak berlaku dalam media sosial. Contoh media sosial yang paling mencolok adalah pelayanan pesan cepat Twitter, blog pribadi, Facebook, jejaring sosial, papan pesan cepat, dan konten berbasis pengguna. Melalui peralatan ini, para pengguna internet dapat berbagi banyak sekali konten seperti teks, gambar, audio, dan video.



Twitter dan Blog


Media sosial yang paling terkenal di antaranya adalah Twitter dan blog. Blog merupakan media personal yang hadir dalam format papan posting internet dan memberikan akses untuk konten multimedia, seperti teks, foto, video footage, dan file audio. Sementara itu Twitter, sering juga disebut sebagai “blog pendek”, merupakan semacam layanan pesan pendek. Perbedaan terbesar antara blog dan Twitter adalah dalam sebuah blog seorang pengguna harus mengunjungi blog tertentu untuk melihat konten baru, namun di Twitter seorang pengguna, setelah terdaftar sebagai pengikut (follower), dapat segera menerima berita dan informasi serta dapat mengirimkan kembali konten tersebut. Twitter jauh lebih cepat dan lebih luas dalam hal kemampuan penyebaran pesan.



Perusahaan dan Media Sosial


Esensi dari media sosial adalah “komunikasi”. Hal inilah yang menyebabkan media sosial terpisah dari media konvensional lainnya, serta hal ini pula yang menyebabkan media sosial berkembang dengan pesat di perusahaan. Pada kenyataannya lebih dari setengah responden (51.5%) menjawab bahwa media sosial tumbuh dengan pengaruh yang dimilikinya. Kemudian diikuti oleh komunitas internet (38%), komunikasi mobile (35.5%), pelayanan portal (33.5%), penyiaran (16.5%), dan surat kabar (8%). Selain itu, sebanyak 46% dari Humas perusahaan menjawab bahwa mereka bertukar informasi dengan orang lain melalui blog, Twitter, Facebook, dan sarana media sosial lain yang mereka miliki. Ada dua alasan kenapa perusahaan menjadi sangat tertarik kepada media sosial. Secara eksternal, media sosial merupakan sarana yang ampuh untuk mempromosikan perusahaan dan secara internal media sosial juga dapat berlaku sebagai sarana komunikasi antarpegawai. Bukan hanya efektif sebagai sarana iklan bagi sebuah perusahaan, namun lebih efektif lagi karena media ini menawarkan forum komunikasi internal. Para pegawai saling berbagi informasi dan bertukar ide, yang nantinya dapat menjadi sebuah produk baru dan strategi perusahaan. Kemungkinan komunikasi terkini di antara pegawai dari CEO hingga bawahannya telah membuka kesempatan besar untuk pertumbuhan dan reformasi. Namun, media sosial ternyata juga dapat berpotensi sebagai ancaman bagi keamanan internal.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar